KONTROL SERVO BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BOARD-NODEMCU ESP8266 V3 LOLIN

KONTROL SERVO BERBASIS WEB MENGGUNAKAN BOARD-NODEMCU ESP8266 V3 LOLIN

Baru - baru ini telah berkembang suatu gagasan baru berwawasan Teknologi. Internet Of Things. Adalah sebuah gagasan yang memadukan antara hardware, software, dan user saling berkomunikasi satu sama lain melalui media transmisi internet yang sudah tidak asing lagi bagi khalayak  umum.
Internet Of Things sendiri sampai saat ini masih terus dikembangkan oleh para ahli. Menciptakan project - project baru yang bervariatif, membuat definisi Internet Of Things semakin Luas. 
Kali ini penulis membuat suatu project Internet Of Things dengan memanfaatkan Board-NodeMCU ESP8266 V3. Board ini adalah perpaduan Microcontroller Arduino dan Modul Wifi yang memungkinkan Input dan Output Arduino dapat di simpan di sebuah cloud di Internet.
Project Internet Of Things ini memadukan Software dan Hardware untuk mengontrol sebuah servo. Penulis membuat sebuah Website menggunakan PHP. Website ini berfungsi menyimpan perintah dari PHP ke MySQL, lalu dari MySQL untuk dibaca oleh Board-NodeMCU ESP8266 V3 untuk menggerakkan servo sesuai yang tersimpan pada MySQL.
Layout Website
 
 Layout Hardware

Untuk Pergerakan Servo yang dikontrol melalui Website ini, dapat dilihat di video berikut :

Sekian dan terima kasih.
 

Comments

Post a Comment