KONSEP INTERNET OF THINGS DENGAN ARDUINO DAN WEB

KONSEP INTERNET OF THINGS 

DENGAN ARDUINO DAN WEB

Kali ini penulis ingin mengupas tentang internet of things berdasarkan project yang pernah dibuat pada postingan sebelumnya.
Internet of things pada umumnya adalah segala sesuatu yang terhubung melalui media transmisi data berupa internet. Namun, apa yang dihubungkan dan bagaimana bisa saling terhubung itulah yang memiliki banyak sekali pendapat. 
Microcontroller saat ini telah banyak berperan untuk perkembangan Internet of things ini. Project - project internet of things yang melibatkan microcontroller seperti Raspberry, Arduino maupun Microcontroller lain pun sudah banyak dibuat.
Penulis kali ini membahas tentang bagaimana menerapkan internet of things pada arduino, seperti mengontrol dan memonitoring suatu hal.
Seperti yang kita tahu, kini bertebaran cloud gratis untuk membuat suatu project internet of things, Seperti Thingspeak, Geeknesia, Teleduino dan masih banyak lagi. Dengan cloud-cloud tersebut, kita dapat membuat project internet of things kita sendiri. Namun apakah selamanya cloud seperti ini akan ada, mengingat sesuatu yang gratis nantinya akan menghilang.
Sebagai contoh, cloud internet of things gratis yang telah menghilang adalah AgnosThing. Sangat disayangkan, karena agnostihing ini sungguh menarik. Bagaimana jika kita membuat project dan memanfaatkan cloud gratisan, kemudian cloud yang kita pakai itu tiba - tiba menghilang ?
Untuk itu, pada tulisan kali ini, penulis memberi gambaran untuk membuat suatu cloud sederhana sendiri, hanya dengan memanfaatkan PHP-MySQL-Web Service (dalam hal ini menggunakan JSON).
Untuk membuat arduino dapat terhubung dengan internet perlu penambahan modul perangkat. Jika ingin menggunakan jaringan kabel, maka tambahkan Ethernet Shield. Atau menggunakan Arduino Ethernet yang ethernetnya sudah menjadi satu dengan arduino. Jika ingin menggunakan Wireless/WiFi, maka dapat dengan menambahkan modul wifi (WeMos, Esp8266, Esp-01, dll), atau menggunakan NodeMCU dimana arduino nya sudah bergabung menjadi satu dengan esp8266/esp32 nya.
Arduino yang terkoneksi dengan internet ini akan dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data dari website yang kita buat.
Dibawah ini diagram Internet of things , semoga dapat dipahami oleh para pembaca sekalian, dan dapat dikembangkan.




Comments