SMARTHOME BERBASIS ARDUINO

SMARTHOME BERBASIS ARDUINO

Kali ini penulis ingin mengupas tentang project tugas akhir yang sedang penulis buat, yaitu Smarthome. Smarthome yang akan dibuat tidak hanya control atau hanya monitoring atau pun hanya otomatisasi. Namun Smarthome yang akan dibuat kali ini mengusung ketiga nya.
Penulis membuat sebuah website dengan PHP MySQL untuk melakukan monitoring dan control. Dengan hasil monitoring tersebut, penulis dapat memberikan keputusan untuk membuat sebuah sistem otomatisasinya.

Layout Website Smarthome

Smarthome yang akan dibuat kali ini adalah Smarthome yang dapat memonitoring suhu ruangan, mengotomatisasi lampu taman dan pengisian tandon air, serta melakukan control pada perangkat listrik yang terhubung dengan Sistem Smarthome.
Pada sistem control smarthome, disediakan database untuk menyimpan perintah dari user, kemudian disimpan juga dalam bentuk file JSON. Sehingga dengan bantuan library ArduinoJSON.h pada sketch Arduino, supaya Arduino dapat membaca isi dari database tersebut untuk menyalakan atau mematikan perangkat listrik yang terhubung.
Sedangkan pada sistem monitoring, disediakan database sendiri untuk menyimpan data sensor. Arduino langsung mengirimkan data sensor ke database, dan ditampilkan ke website yang dibuat.
Untuk Otomatisasi lampu taman, yang akan menyala jika sensor LDR membaca adanya kegelapan, dan Otomatisasi pengisian tandon, dimana Water Pump akan ON saat isi tandon akan habis dan OFF sendiri saat hampir penuh, sehingga tidak terjadi pemborosan air.
Pada video demo prototype diatas, penulis belum menambahkan otomatisasinya. Namun monitoring dan control telah berhasil dibuat.
Konsep akan lebih jelas pada Postingan sebelumnya

Comments

Post a Comment